Sabtu, 12 November 2016

paragraf deduktif dan induktif beserta contohnya


Paragraf Deduktif dan Induktif
Paragraf merupakan bagian karangan yang terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan secara utuh dan padu serta membentuk satu kesatuan pikiran. Paragraf yang baik terdiri dari dua kalimat atau dua gagasan, dimana memiliki persyaratan berupa kepaduan,kesatuan dan kelengkapan.
Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi, yaitu memaparkan hal umum terlebih dahulu kemudian menjabarkan hal – hal khusus. Dengan kata lain paragraf ini meletakkan gagasan utamanya pada kalimat utama di awal paragraf.

Contoh:
Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda juga dapat digunakan untuk untuk perawatan kecantikan. Baking soda juga mudah temukan dan memiliki harga yang terjangkau. Manfaat baking soda untuk kecantikan adalah dapat menghilangkan komedo, membersihkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati pada wajah, menghilangkan flek hitam, jerawat dan bekas jerawat.Untuk perawatan kulit menggunakan baking soda pertama kita menaruh baking soda tersebut di wadah yang bersih, kemudian member kan sedikit air, lalu aduk hingga menjadi sebuah pasta. Setelah itu kita tempelkan pada wajah dan tunggu 10-20 menit kemudian basuh dengan air hangat dan bersihkan muka dengan pembersih muka.


Paragraf Induktif
Paragraf Induktif adalah paragraf yang diawali dengan menjelaskan permasalahan-permasalahan khusus (mengandung pembuktian dan contoh-contoh fakta) yang diakhiri dengan kesimpulan yang berupa pernyataan umum. Paragraf Induktis sendiri dikembangkan menjadi beberapa jenis. Pengembangan tersebut yakni paragraf generalisasi, paragraf analogi, paragraf sebab akibat bisa juga akibat sebab.
Contoh:
Mikail adalah anak yang rajin dan pandai bergaul. Selain itu ia memili banyak kemampuan di bidang musik. Ia dapat memainkan gitar, piano, biola, dan drum. Mikail juga sering mendapatkan penghargaan dibeberapa ajang perlombaan. Dengan banyak orang kagum dengan dirinya. Oleh karena itu, Mikail dijuluki anak emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar