Rabu, 11 Februari 2015

Tugas 2



Pentingnya kewirausahaan



NURUL FADILLAH UTAMI
28214264
1EB10
TITI AYEM











PentingnyaBerwirausaha di KalanganMahasiswa
Zaman yang semakin berkembang saat ini, menuntut untuk lebih tanggap dalam beradaptasi dengan masyarakat sosial. Perkembangan ilmu teknologi, sosial bahkan ekonomi sangat menentukan kesejahteraan masyarakat terutama dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Namun banyaknya jumlah pengangguran di Indonesia merupakan hambatan yang besar dalam memajukan perekonomian Indonesia. Selain itu, lapangan kerja yang tersedia masih minim. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Okezone.com, mencatat bahwa jumlah pengangguran sarjana atau lulusan universitas pada Februari 2013 mencapai 360 ribu orang, atau 5,04% dari total pengangguran yang mencapai 7,17 juta orang. Hal tersebut menekankan bahwa sarjana lulusan perguruan tinggi tidak bisa lagi sekedar mengandalkan ijazah untuk mencari pekerjaan, namun dituntut memiliki kompetensi dan keterampilan yang dimiliki, agar dapat mencari lapangan kerja yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Salah satu alternatif mengatasi masalah tersebut adalah dengan menanamkan jiwa wirausaha pada mahasiswa sejak dini.
Modal utamadalamberwirausahaadalahkemauandankeuletanuntukbersungguh-sungguhmenjalankansuatu proses atauusaha. Dalamkegiatanwirausaha, tidakhanyabermodalkantekad yang kuattapilebihdariitukompetensi, keterampilanserta  pengetahuandalammengelolasuatuusahajugasangatpenting, sehinggakeduahaltersebutharusseimbang.

Dalampembangunanekonomi di Indonesia, kewirausahaanmempunyaiperan yang sangatpenting.  Denganberwirausahamampumenemukaninovasidangagasanbarudalammengelolasumberdayaalam yang tersedia. Ada beberapaahli yang berpendapatbahwakewirausahaanmerupakan proses pengembangandanpenerapankreatifitassertainvovasidalammenyelesaikanmasalahdanmampumelihatpeluanguntukmenciptakansuatuusaha (Zimmerer, dalamSudaryana, 2003), kewirausahaanmerupakansuatu proses untukmenciptakansesuatu yang barudanberbeda (Drucker, dalamSudaryana, 2003), kewirausahaanmerupakansuatunilai yang terwujuddalamperilaku yang dijadikandasarsumberdaya, tujuan, kiat, proses danhasilbisnis (Ahmad, 1994). Dari beberapapendapatahlitersebutdapatdisimpulkanbahwakewirausahaanadalahsuatu proses pengembangandanpenerapankreatifitasuntukmenciptakaninovasi-inovasibaru yang terwujuddalamperilaku, baikdilingkunganmasyarakatataulebihkhusus di kalanganmahasiswa.

Dikalanganmahasiswaminatuntukbergelut di bidangwirausahabolehdikatamasihsangat minim, sehinggamasihberpikirbahwakuliahhanyauntukmenjadikaryawanataupegawai.Selainitu, adabeberapafaktor yang menyebabkanmahasiswakurangberminatuntukberwirausahayaitutidakada modal untukmemulaiusaha, atautidakpernahdibekalidenganpengetahuanseputarwirausaha.Padahalsebenarnyagelarsarjanatidakmenjaminseseoranguntukmendapatkanpekerjaan.Polapikirmahasiswa yang demikianperludibenahi agar dapatlebihmemahamiseberapabesarperananwirausahadalamkehidupansehari-hari.Peranpendidikankhususnyapadaperguruantinggisangatpentinguntukmenumbuhkanminatmahasiswadalamberwirausahasehinggaterbatasnyalapanganpekerjaantidaklagimenjadimasalahbesarkarenamahasiswasudahmampumenjalankanusahasendiri.Untuklebihmeningkatkankemampuanmahasiswa, pemerintahsudahmemberiwadahbagimahasiswa yang maubelajar.Padatahun 2009, DirektoratJenderalPendidikanTinggisudahmemperkenalkandanmengembangkanberbagai program kewirausahaan yang dikenaldengan Program MahasiswaWirausaha yang disingkat PMW, dimanawadahinimenjadijembatanbagimahasiswauntukdapatmembangunmotivasiberwirausahadanmampumelihatpeluang yang adadisekitarnya.Banyakmanfaat yang dapatdiperolehdenganberwirausahasepertimeningkatkanketerampilanmahasiswadalambidangkewirausahaan agar terciptakaderpengusahamuda yang berpotensi, mampumemenuhikebutuhansendiri, menciptakanlapangankerjabagi orang lain sehinggamembantupemerintahdalammengurangimasalahpengangguran di Indonesia. Hal inibolehjadimembawaperubahanbagi Indonesia kearah yang lebihbaik ,karenasejatinyaperbaikannasibnegeriituharusberdasarpadakemauan, keuletandankerjakeras.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar