Mata Kuliah : Pengantar
Bisnis
Dosen : Titi Ayem
Lestari
PERENCANAAN
BISNIS
Nurul
Fadillah Utami
28214264
1EB10
UNIVERSITAS
GUNADARMA
FAKULTAS
EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
PERENCANAAN BISNIS
MANAJERIAL
EKONOMI
‘’DHIELAH
ICECREAM FASHION HIJAB BOUTIQUE ”
1. Latar belakang
Era globalisasi yang dilengkapi
dengan wersenisasi perkembngan zaman sekerang telah banyak memicu berbagai gaya
busana yang telah dimintati oleh wanita Indonesia,terutama bagi wanita
Indonesia yang menggunakan hijab,banyaknya model dan gaya rancangan busana yang
dikeluarkan dan dirancang oleh designer designer muda yang profeional.maka dari
situ wanita berhijab sekarang tidaklah dipandang kuno,cupu,nora dan kampungan,.
Dari segi negatif sinilah saya mengambil banyak ide untuk
mengembangkan bisnis hijab saya yang masih dibilang “ecek-ecek”,yang biasanya saya hanya mengambil hijab dan busana dari
toko orang untuk saya jual sebagianya keteman-teman saya yang harganya cukup
terjangkau dan menghasilkan untung yang tidak seberapa.dari sini saya
memikirkan ide untuk merancang dan mempopulerkan hijab dengan gaya-gaya yang
sangat menarik bagi kalangan wanita berhijab.karna sesungghnya perintah umat
muslim bagi kaum hawa adalah menutup
auratnya..
Tetapi bukan hanya hijab saja yang
saya ingin kembangkan,adanya fashion baju seperti yang banyak sekarang
digunakan oleh para hijabers bergaya dijaman ini,agar meningkatnya keinginan
kaum wanita muslim udntuk bergaya tetapi sopan sesuai dengan syari’at.
2. Pasar dan pelanggan yang
jadi sasaran
Dan banyak
sekali usaha butik dengan segala macam target market namun sering sekali kita
lihat butik yang target market nya tidak fokus, semua barang dijual dan lebih
parahnya lagi, barang eksklusif dicampur barang murmer, dekorasi yang
asal-asalan, dan sering tidak cocok dengan lokasi dan target marketnya.
Kesalahan yang paling sering dilakukan butik-butik adalah karena segmentasi
pelanggan yang tidak jelas.disini saya ingin membuka usaha saya pertama kalinya
dikawasan perkampusan dan pondok pesantren agar saya bisa membutikan bahwa
hijab itu adalah indah. saya mengandalakan dan mengincar pelanggan adalah kaum
wanita berhijab dikawasan umum,dan relatif
banyak wanita yang menggunakan hijab.agar bias menginspirasi bagi wanita
kaum muslim untuk menjalankan peritah ALLAH SWT.
3. Lokasi
Lokasi yang saya
ingin tempatkan itu tidak hanya dikawasan perkampusan dan pondok pesantren
tetapi ditempat saya tinggal yaitu rumah saya.
Lokasi pertama
saya akan tempatkan disamping toko ibu saya yang tempatnya menyatu dengan rumah
saya,kebetulan dirumah saya termasuk golongan tetangga yang cukup banyak
memakai fashion-fashion menarik.
LOKASI I
“Rumah saya”
Komplek harapan baru taman bunga,jlan bunga3 BLOK B5
LOKASI II
Daerah universitas islam dan universitas besar-besar
lainya
LOKASI III
Kawasan pondok pesantren yang terpusat dikota-kota.
4. Karakteristik produk
Produk yang akan saya pasarkan itu memiliki banyak perbedaan dari
hijab-hijab sebelumnya,karna yang saya keluarkan,sesuai dengan nama butik saya
yang akan saya buka “Dhielah icecream”.sesuai
dengan nama butik yaitu warna-warna ice cream seperti green tea,rainbow strawberry dan
lain-lainya.warna yang saya pasarkan warna nabrak dan cerah agar dilihat
menarik tetapi tidak norak dan kampungan tetntunya.
5. Penentuan harga
Sesuai dengan pertimbangan harga yang saya
keluarkan berkisar
Rp.50.000-3000.000.tergantung dengan pilihan yang akan pembeli inginkan.
6. Bahan-bahan
Bahan-bahan yang akan digunakan adalah:
§ Jarum
§ Kain
§ Bros
§ Cat warna baju
§ Mesin jahit
§ Benang
§ Accessories manik-manik
§ Mesin rajut
§ Benang woll
7. Rincian keuangan
Dengan modal uang sebesar Rp.100.000.000
‘’DHIELAH
ICECREAM FASHION HIJAB BOUTIQUE ”
Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian yaitu da‘’DHIELAH ICECREAM FASHION HIJAB BOUTIQUE ”dari saya sendiri. Sebagai
investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan
.
Neraca
Permulaan Perusahaan
a)
Biaya
produksi per tahun terdiri dari:
1.
Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior
|
Rp. 15.000.000,-
|
|
Kulakan baju grosir
|
Rp. 25.000.000,-
|
|
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
|
Rp. 3.000.000,-
|
|
Biaya gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 25.000.000 ,- +
|
|
Jumlah Modal Produksi
|
Rp. 68.000.000,-
|
2. Biaya lain-lain
· Listrik Rp. 2.000.000,-
· Asuransi Rp. 1.500.000,-
· Transportasi Rp. 500.000,-
· Administrasi Rp. 1.500.000,-
· Pajak Rp. .750.000,-
· Pemeliharaan gedung dan peralatan Rp.
2.500.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 8.750.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 8.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi Rp. 68.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 8.750.000,- +
Total Rp. 76.750.000
Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH (RP)
|
|
Biaya tetap
|
||
1. Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp. 2.000.000,-
|
|
2. Gaji pegawai
|
Rp. 15.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 17.000.000,-
|
|
Biaya variable/ produksi
|
||
Kulakan baju grosir
|
Rp. 25.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp. 25.000.000,-
|
|
Biaya-biaya lain
|
||
1. Listrik
2. Asuransi
3. Transportasi
4. Administrasi
5. Pajak
|
Rp.
2.000.000,-
Rp.
1.500.000,-
Rp. 500.000,-
Rp. .500.000,-
Rp. 750.000,-
|
|
Total Modal produksi
|
Rp. 68.000.00,-
|
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 76.750.000,-
|
|
Pendapatan
|
||
Penjualan aneka pakaian dan
fashion
|
Rp. 76.750.000,-
|
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp. 76.750.000,-
|
|
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total
Pendapatan
Total
modal / Pengeluaran
|
Rp. 76.750.000,-
Rp. 23.250.000,-
|
|
TOTAL
KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 53.500.000,-
|
|
|
|
|
Dari perincian diatas siasa uang dari modal 100.000.000
itu akan diperbelanjakan sebagai pembuatan hijab-hijab karya butik dalam
sendiri;
§ Jarum
Rp.2.050.000
§ Kain Rp.5.200.000
§ Bros Rp.2.000.000
§ Cat warna baju Rp.
1.500.000
§ Mesin jahit (4 buah) Rp.
6000.000
§ Benang
Rp.3000.000
§ Accessories manik-manik Rp.1.400.000
§ Mesin rajut (kayu rajut 10) Rp.2000.000
§ Benang woll Rp.1000.000
TOTAL Rp. 23.250.000
#jadi keuntungan dari butik tersebut besekitaran Rp.53.500.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar